Binsoz Know me as Professional Writer

Panduan Lengkap: Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah

2 min read

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Mudah

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word: Panduan Lengkap

Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang paling sering digunakan untuk menulis dan mengedit dokumen. Namun, terkadang Anda mungkin mengalami masalah dengan garis merah yang muncul di bawah kata-kata yang sebenarnya benar. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menghilangkan garis merah di Word dengan mudah.

Mengapa Garis Merah Muncul di Word?

Garis merah yang muncul di bawah kata-kata di Microsoft Word biasanya menunjukkan bahwa program menganggap kata-kata tersebut salah eja atau tidak dikenali. Microsoft Word menggunakan pemeriksa ejaan otomatis untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam dokumen Anda. Namun, terkadang pemeriksa ejaan ini dapat memberikan saran yang salah, dan kata-kata yang sebenarnya benar dapat ditandai dengan garis merah.

Langkah 1: Periksa Bahasa Dokumen Anda

Langkah pertama dalam mengatasi garis merah di Word adalah memeriksa bahasa dokumen Anda. Microsoft Word memiliki kamus dan aturan ejaan yang berbeda untuk setiap bahasa. Jika dokumen Anda menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan pengaturan, garis merah mungkin muncul meskipun kata-kata sebenarnya benar.

  1. Pilih Teks: Sorot teks yang ditandai dengan garis merah.
  2. Klik Bahasa: Di bagian bawah jendela Word, klik tombol bahasa di sebelah kanan. Ini akan menampilkan bahasa yang sedang digunakan.
  3. Pilih Bahasa yang Tepat: Pilih bahasa yang sesuai dengan teks Anda. Jika Anda tidak yakin, pilih “Bahasa yang cocok untuk konten” untuk membiarkan Word menentukan bahasa yang paling sesuai.

Langkah 2: Menambahkan Kata ke Kamus

Jika kata yang ditandai dengan garis merah adalah kata yang sebenarnya benar, Anda dapat menambahkannya ke kamus kustom Word. Ini akan menghindarkan kata tersebut dari ditandai sebagai kesalahan ejaan di dokumen berikutnya.

  1. Klik Kanan: Klik kanan pada kata yang ditandai dengan garis merah.
  2. Tambahkan ke Kamus: Pilih opsi “Tambahkan ke Kamus” dalam menu konteks. Kata tersebut akan ditambahkan ke kamus kustom Word.

Langkah 3: Nonaktifkan Pemeriksaan Ejaan

Jika Anda merasa pemeriksa ejaan otomatis Word terlalu sensitif atau memberikan saran yang salah, Anda dapat mematikannya sementara atau permanen.

  1. Buka Opsi Word: Buka menu “File” di Word dan pilih “Pilihan”.
  2. Pemeriksaan Ejaan: Di bagian kiri, pilih “Pemeriksaan Ejaan”.
  3. Nonaktifkan Pemeriksaan: Anda dapat memilih untuk menonaktifkan pemeriksaan ejaan sementara atau permanen. Jika Anda memilih opsi permanen, Word tidak akan menandai kesalahan ejaan di dokumen Anda.

Langkah 4: Gunakan Bahasa Non-Proofing

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin mengganti bahasa teks menjadi bahasa yang tidak memiliki pemeriksaan ejaan. Ini berguna jika Anda memiliki teks dalam bahasa yang tidak didukung oleh Word atau jika Anda ingin mencegah Word menandai kesalahan ejaan.

  1. Pilih Teks: Sorot teks yang ingin Anda ubah bahasanya.
  2. Bahasa: Di bagian bawah jendela Word, klik tombol bahasa dan pilih “Atur Bahasa Teks yang Dipilih”.
  3. Bahasa Non-Proofing: Pilih bahasa yang ditandai dengan “(Bahasa) [Tidak Mendukung Pemeriksaan Ejaan]”. Word tidak akan menandai ejaan dalam bahasa ini.

Langkah 5: Menggunakan Opsi “Jangan Periksa Ejaan”

Jika Anda hanya ingin menghilangkan garis merah di bawah kata-kata tertentu tanpa mengubah bahasa dokumen, Anda dapat menggunakan opsi “Jangan Periksa Ejaan”.

  1. Klik Kanan: Klik kanan pada kata yang ditandai dengan garis merah.
  2. Opsi “Jangan Periksa Ejaan”: Pilih opsi “Jangan Periksa Ejaan” dalam menu konteks. Garis merah akan hilang dari kata tersebut.

Langkah 6: Menggunakan Opsi “Tambahkan ke Kamus Autokoreksi”

Autokoreksi adalah fitur yang memungkinkan Word untuk mengganti kata yang Anda ketik dengan kata yang benar secara otomatis. Jika Anda ingin Word mengenali kata yang sering Anda gunakan meskipun ditandai dengan garis merah, Anda dapat menambahkannya ke kamus Autokoreksi.

  1. Buka Opsi Word: Buka menu “File” di Word dan pilih “Pilihan”.
  2. Opsi Autokoreksi: Di bagian kiri, pilih “Tanda Otomatis”. Ini akan membuka jendela Autokoreksi.
  3. Tambahkan Kata: Di kolom “Gantikan”, masukkan kata yang ditandai dengan garis merah. Di kolom “Dengan”, masukkan kata yang sebenarnya benar. Klik “Tambah” untuk menyimpan perubahan.

Langkah 7: Memeriksa Pengaturan Pemeriksaan Ejaan

Jika garis merah masih muncul di bawah kata-kata yang sebenarnya benar, Anda dapat memeriksa pengaturan pemeriksaan ejaan Word dan melakukan penyesuaian.

  1. Buka Opsi Word: Buka menu “File” di Word dan pilih “Pilihan”.
  2. Pemeriksaan Ejaan: Di bagian kiri, pilih “Pemeriksaan Ejaan”.
  3. Opsi Tambahan: Di bagian bawah jendela, Anda akan menemukan beberapa opsi tambahan untuk pemeriksaan ejaan. Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah 8: Memperbarui Office atau Word

Jika Anda masih mengalami masalah dengan garis merah di Word, pertimbangkan untuk memperbarui versi Office atau Word Anda. Terkadang, masalah dengan pemeriksaan ejaan dapat diselesaikan dengan pembaruan perangkat lunak terbaru.

Kesimpulan

Garis merah di Word dapat menjadi penghalang dalam menulis dan mengedit dokumen. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghilangkan garis merah yang tidak diinginkan dengan mudah. Periksa bahasa dokumen, tambahkan kata ke kamus, nonaktifkan pemeriksaan ejaan, dan gunakan opsi yang sesuai untuk mengatasi masalah ini. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat terus menghasilkan dokumen yang rapi dan bebas dari gangguan garis merah.

Binsoz Know me as Professional Writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *